Wednesday, August 5, 2009

Tribute To Mbah Surip

Wednesday, August 5 2009

Tak gendong kemana-mana

Tak gendong kemana-mana

Enak donk, mantep donk

Daripada kamu naik pesawat kedinginan

Mendingan tak gendong to

Enak to, mantep to

Ayo.. Kemana


Tak gendong kemana-mana

Tak gendong kemana-mana

Enak tau


Where are you going?

Ok I'm

Where are you going?

Ok my darling


Haaa... Haaa... Haaa..

Hmm.. Tentu kalian semua tau kan lagu diatas? Lagu tersebut meledak di glantika musik Indonesia dan meraih uang milyaran rupiah dari RBT yang di download oleh banyak orang di Indonesia.. Lagu tersebut diciptakan saat di Amerika Serikat dan mempunyai makna filosofi sendiri, yaitu "Belajar Salah".. Ya.. Lagu ini merupakan masterpiece dari seniman musik reggae Indonesia, Alm. Mbah Surip.. Ciri khas beliau adalah berambut gimbal, berpakaian ala Rasta, dan mempunyai tawa yg khas dan lepas: "HAHAHA".. Selain itu, beliau juga selalu mengucapkan kata2: "I LOVE YOU FOOL!" dan "HUYE! HUYE! HUYE! HAHAHA!"



Beliau adalah sosok yang sangat rendah hati, hidup apa adanya, dan sangat menghibur.. Hidup yang sangat sederhana bisa diliay pada saat kedatangan beliau untuk mengadu nasib di Jakarta.. Beliau datang dari Mojokerto, Jawa Timur dengan mengendarai SEPEDA! Gile.. Gw aj klo naek sepeda plg jauh 5km.. Tu aj gr2 gw mang mao ngirit ongkos aj.. Hidup sederhana lainnya diperlihatkan dari keadaan rumahnya yg tidak mewah.. Dalam rumahnya hanya terdapat barang2 yg penting saja dan itupun tidak mahal harganya.. Pernah dilontarkan pertanyaan kepada beliau tentang kaya raya.. Tp beliau hanya menjawab: "Itu tidak penting buat saya.. Yg penting saya kaya dalam hati saya.." Sikapnya yg rendah hati sangat patut untuk ditiru.. Selain itu, setiap tampil beliau selalu bernyanyi dengan lepas dan menunjukkan penghayatan pada setiap lagunya.. Itu yang sangat menghibur orang2 yg menyaksikan penampilannya..

Tetapi selain sikap baiknya, ada juga kebiasaan2 lain yg mgkn menurut gw agak kurang baik.. Bayangin aj, tiap hari beliau bisa minum kopi 10 gelas gede ato lebih! Ditambah lagi kebiasaan merokok yg bisa dibilang cukup berat.. Jelas merupakan sikap hidup yg kurang baik pada saat masa tuanya..

Dibalik semua itu, Alm. Mbah Surip mempunyai prestasi yang sangat luar biasa.. Dimulai dari penjual kacang goreng, pengamen jalanan, sampai pekerjaan di bidang pengeboran minyak, tambang berlian.. Menurut kabar, beliau memiliki gelar Drs, Insinyur dan MBA ini pernah mengadu nasib di luar negeri seperti Kanada, Texas, Yordania, dan California. Beliau juga mendapat penghargaan dari MURI untuk aksi menyanyi terlama.. Dalam perjalanan bermusiknya, ia telah mengeluarkan beberapa album yang dimulainya sejak 1997. Beberapa albumnya antara lain, IJO ROYO-ROYO (1997), INDONESIA I (1998), REFORMASI (1998), TAK GENDONG (2003) dan BARANG BARU (2004). Salah satu lagu lain yang pertama kali buat gw fans ma beliau tu lagu Bangun Tidur.. Hahaha.. Ni lagu bener2 isi liriknya bangun tidur, ya tidur lagi.. Hahaha.. Rencananya lagu ini mau dibuat videonya dalam waktu dekat.. Model video clipnya Ringgo ma Desta.. Beliau mempunyai keinginan untuk membuat Bank Artis, yg berguna untuk jaminan hidup para artis di masa tuanya.. Dan yg pernah gw denger, Alm. Mbah Surip pengen beli Helikopter! Gile2.. Ktnya gara2 artis Indonesia diledekin ga ad yg punya pesawat.. Trus katanya ntr dy mao bikin sebuah cafe dan cafe ntu ad helikopternya.. Biar anak2 bisa main2 disitu.. Hahaha.. Tp semua itu tidak terjadi..

Akhirnya.. Semua yang telah tercapai dan belum tercapai berakhir sudah.. Manusia tidak mungkin hidup selamanya.. Pada hari Selasa, 4 Agustus 2009, Mbah Surip meninggal. Menurut kabar yang beredar, beliau menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 10.30 wib, setelah sebelumnya sempat dilarikan ke RS Pusdikkes, Jakarta Timur. Penyebabnya mgkn karena kecapean dari kesibukan manggung akhir2 ini ditambah lagi kebiasaan hidupnya yg sering minum kopi n merokok itu.. Klo kata anaknya sih gara2 beliau kecolongan minum es.. Beliau meninggal dengan status duda yang telah disandangnya selama 26 tahun dan meninggalkan empat anak dan empat cucu. Jenazahnya akhirnya dimakamkan di di kawasan Bengkel Teater W.S Rendra , Depok, Jawa Barat. Prosesi pemakaman beliau diawali dengan upacara pernikahan puteri ketiganya. Kedua mempelai yang langsung datang ke tempat persemayaman beliau dari Mojokerto, Jawa Timur, melakukan ijab kabul di depan jenazah seniman yang dikenal rendah hati tersebut.

Terus terang, gw kaget bet dengernya.. Gw taunya dr temen gw pas YMan.. Dan yg paling mengejutkan gw.. Mbah Surip menjadi Trending Topics no. 1 Twitter! Tau sendiri Trending Topics di Twitter itu dapat diakses di seluruh dunia.. Brarti bisa masuk 10 besar aj dah mantap bet tu topik.. Dari info yg gw dapet, topik2 Indonesia yg masuk Trending Topics sebelum ini tu cuma "Gerakan Indonesia Unite". Ini adalah gerakan untuk sosialisasi tidak takut terhadap teroris, sekaligus promosi tentang Indonesia kepada dunia luar. Topik ini pun hanya mampu duduk di 10 besar. Jd bisa dibayangkan, topik Alm. Mbah Surip bisa menembus urutan pertama, setelah yg sebelumnya dicapai oleh Michael Jackson.. Terlihat disini, betapa masyarakat Indonesia termasuk gw merasa sangat kehilangan seseorang musisi yg sangat menghibur, unik dan bersahaja ini.. Dunia pun mgkn turut mengucapkan bela sungkawa mereka.. We are very proud for you.. Lihat komentar artis Indonesia

Akhirnya.. Untuk keluarga yg ditinggalkan, semoga diberikan kekuatan untuk tetap menjalani kehidupan yang selanjutnya.. Selamat Jalan Mbah Surip.. Seperti lirik lagu "Tak Gendong", moga Mbah digendong malaikat sampai ke Sorga.. Hibur malaikat dengan tawamu.. Kepergian Mbah meninggalkan sesuatu yang sangat indah dan menjadi teladan bagi masyarakat Indonesia.. WE LOVE YOU FULL..

No comments: