Sunday, August 30, 2009

Biopori - Lubang Resapan Air

Sunday, August 30 2009

Happy Sunday all.. Hoho.. Hari ni adalah hari yg melelahkan buat gw.. Fiuh.. Ni aj baru sempet OL gr2 biz tanding basket dl.. Tp ad kegiatan lainnya yg membuat hari ni sangat melelahkan.. Tadi pagi gw bersama teman2 Buaran membuat sesuatu yang dinamakan BIOPORI.. What's that? Check it out guys!

Biopori adalah lubang2 yang terbentuk akibat aktifitas organisma di dalamnya seperti cacing, perakaran tanaman, rayap dan fauna lainnya.. Lalu lubang tersebut akan diisi udara dan akan menjadi tempat berlalunya air dalam tanah..


Gw dan teman2 sedang membuat Biopori

Cara membuat Biopori yg gw dan teman2 lakukan adalah sebagai berikut :
1. Membuat lubang vertikal ke dalam tanah.. Caranya pertama menandai tempat yg akan dibuat lubang dengan diameter 10 cm.. Lalu lubangi dengan kedalaman sekitar 100 cm atau tidak sampai melampaui muka air tanah biar air tanahnya dangkal.. Jarak antar lubang sekitar 50 - 100 cm.. Bisa juga dilakukan pada selokan atau tempat aliran yg tidak ada airnya..

2. Mulut lubang tersebut diletakkan pipa paralon dan diperkuat dengan semen selebar 2 - 3 cm dengan tebal sekitar 2 cm..

3. Isi lubang tersebut dengan sampah organik, misalnya sampah dapur, sisa tanaman, dedaunan, dll yg bersifat sampah organik..

Yak.. Itulah cara yg gw dan teman2 lakukan tadi pagi..


Gw dan Maruli sedang memotong paralon untuk lobang

Tujuan dari membuat Biopori ini adalah :
1. Meningkatkan daya resapan air > Ini salah satu cara untuk mengatasi banjir..

2. Merubah sampah organik menjadi pupuk kompos > Dapat dipanen setiap periode tertentu.. Tp klo kata temen gw, dalam waktu 3 bln sampah organik tadi juga udah berubah menjadi pupuk kompos.. Gunanya untuk pupuk organik pada sayuran, tanaman hias, dan jenis tanaman lainnya...

3. Memanfaatkan Fauna Tanah atau Akar Tanaman > Membantu untuk mengurangi pemanasan global..

Dengan dibuatnya lubang Biopori, dapat mengurangi genangan2 air yg biasa membawa penyakit malaria, demam berdarah, kaki gajah agar dapat terhindari..


Narsis dikit sambil kerja.. Hahaha..

Ternyata membuat lubang Biopori itu lumayan susah klo td ma temen2 gw, solanya tadi ngebuat lobang vertikalnya tuh nandain dulu pake pahat, baru dah dilobangin pake alat semi bor.. Jadi kyQ semacam sekop tp ujungnya kyQ tombak gede, nah trus bolonginnya ya dengan cara memutar manual tu alat.. Hahaha.. Itu muterinnya mesti pake perasaan.. Gw aj ampe muka merah, otot menggelembung, ingus meler, mata ampir keluar, n tangan ampe helikopteran, eh kapalan.. Wiuh.. Tapi asik jg dah, sekalian menambah wawasan dan pengalaman untuk membantu ngerawat lingkungan..

Ok deh.. That's the last post of this month.. Hope this information can be useful for all of you.. Thx for reading.. GBU all..

No comments: